30

Salam Mahasiswa sahabat-sahabatku. keadaan negara kita saat ini yang begitu carut marut dengan berbagai masalah yang seakan mustahil untuk diselesaikan misalkan saja seperti korupsi yang menjadi tradisi, kebijakan-kebijakan pemerintahyang tidak jelas, regulasi-regulasi yang tidak terlaksana dengan efektif sehinggga berdampak buruk terhadap masyarakat. makin haribukan progres yang dapat kita temukan malahan regres yang semakin mengerikan, misalkan masalah kemiskinan, kesenjangan sosial, infrastruktur yang tidak tertata dan masih banyak lagi masalah yang seakan menjadi ciri khas bangsa kita. Sebagai Mahasiswa apakah kita akan diam dan termangu dalam keadan yang seperti ini ?? perlu diketahui bahwa Mahasiwa berbeda dengan pemuda-pemuda lainya, Mahasiswa tentu tidak sama dengan pelajar sma yang hanya menunggu tugas dari guru mereka. Mahasiswa juga bukan sebuah status untuk kebanggan semata. Namun mahasiswa adalah status yang disematkan kepada pemuda – pemudi Indonesia yang aktif berperan terhadap dirinya sendiri, masyarakat luas juga bangsanya.

Peran mahasiswa begitu luas, tidak sekedar mencakup kegiaan pembelajaran di bangkau perkuliahan jika mahsiswa hanya mau belajar duduk di bangkau perkuliahan maka say pribadi akanmengatakan dia bukan mahsiswa namaun dia adalah Siswa SMA yang tidak sengaja duduk di kampus. 

Perlu disadari, mahasiswa adalah kaum intelektual terdidik. Dari sekian banyak kaum intelektual tersebut akan muncul beberapa bibit kaum intelektual yang aktif di berbagai kegiatan yang berlandaskan tri dharma perguruan tinggi, yang mampu memberikan sumbangsih terbaik kepada bangsanya.Pemikiran kritis, demokratis, dan konstruktif diharapkan selalu lahir dari pola pikir para mahasiswa. Suara mahasiswa kerap kali merepresentasikan dan mengangkat realita sosial yang terjadi di masyarakat. Sikap idealisme mendorong mahasiswa untuk memperjuangkan sebuah aspirasi pada penguasa, dengan cara mereka sendiri. Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak pantas bila mahasiswa hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Jadi sekali lagi mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dirumuskan perihal peran, fungsi, dan posisi mahasiswa untuk menentukan arah perjuangan dan kontribusi mahasiswa tersebut.

Peran mahasiswa sebagai Agent of Change :


Mahasiswa sebagai Agent of Change adalah mahasiswa sebagai agen dari suatu perubahan. Kondisi bangsa saat ini jauh dari kondisi ideal, dimana banyak penyakit-penyakit masyarakat yang menghinggapi tubuh bangsa ini, mulai dari pejabat-pejabat atas hingga bawah, dan tentunya tertular pula kepada banyak rakyatnya. Sudah seharusnya kita melakukan perubahan terhadap hal ini. Alasan selanjutnya mengapa kita harus melakukan perubahan adalah karena perubahan itu sendiri merupakan harga mutlak dan pasti akan terjadi. 

Sudah jelas kenapa perubahan itu perlu dilakukan dan kenapa mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam perubahan tersebut, lantas dalam melakukan perubahan tersebut haruslah dibuat metode yang tidak tergesa-gesa, dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu diri sendiri, lalu menyebar terus hingga akhirnya sampai ke ruang lingkup yang kita harapkan, yaitu bangsa ini.

Sebagai agen perubahan, mahasiswa bertindak bukan ibarat pahlawan yang datang ke sebuah negeri lalu dengan gagahnya mengusir penjahat-penjahat dan dengan gagah pula sang pahlawan pergi dari daerah tersebut diiringi tepuk tangan penduduk setempat. Dalam artian kita tidak hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Sikap kritis mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar dan membuat para pemimpin yang tidak berkompeten menjadi gerah dan cemas.

Sadar atau tidak, telah banyak pembodohan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ini. Kita sebagai mahasiswa seharusnya berpikir untuk mengembalikan dan mengubah semua ini. Perubahan yang dimaksud tentu perubahan kearah yang positif dan tidak menghilangkan jati diri kita sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia. Namun untuk mengubah sebuah negara, hal utama yang harus dirubah terlebih dahulu adalah diri sendiri.

Peran mahasiswa sebagai Social Control :


Mahasiswa bukan sebagai pengamat dalam peran ini, namun mahasiswa juga dituntut sebagai pelaku dalam masyarakat, karena tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa merupakan bagian masyarakat.

Idealnya, mahasiswa menjadi panutan dalam masyarakat, berlandaskan dengan pengetahuannya, dengan tingkat pendidikannya, norma-norma yang berlaku disekitarnya, dan pola berfikirnya. Namun, kenyataan dilapangan berbeda dari yang diharapkan, mahasiswa cenderung hanya mndalami ilmu-ilmu teori di bangku perkuliahan dan sedikit sekali diantaranya yang berkontak dengan masyarakat, walaupun ada sebagian mahasiswa yang mulai melakukan pendekatan dengan masyarakat melalui program-program pengabdian masyarakat.

Mahasiswa yang acuh terhadap masyarakat mengalami kerugian yang besar jika ditinjau dari segi hubungan keharmonisan dan penerapan ilmu. Dari segi keharmonisan, mahasiswa tersebut sudah menutup diri dari lingkungan sekitarnya sehingga muncul sikap apatis dan hilangnya silaturrahim seiring hilangnya harapan masyarakat kepada mahasiswa. Dari segi penerapan ilmu, mahasiswa ynag acuh akan menyianyiakan ilmu yang didapat di perguruan tinggi, mahasiswa terhenti dalam pergerakan dan menjadi sangat kurang kuantitas sumbangsih ilmu pada masyarakat. Lalu jika mahasiswa acuh dan tidak peduli dengan lingkungan, maka harapan seperti apa yang pantas disematkan pada pundak mahasiswa.

Hari ini korupsi semakin memprihatinkan, hukum bisa dibeli, biaya pendidikan yang mahal, serta berbagai persoalan lainnya. Tentu hal ini tidak dirasakan bagi mereka yang berkantong tebal, akan tetapi golongan menengah kebawah sangat merasaknnya. Inilah mengapa kita sebagai mahasiswa harus bertindak serta berperan aktif dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki.

Peran mahasiswa sebagai social control terjadi ketika ada hal yang tidak beres atau ganjil dalam masyrakat. Mahasiswa sudah selayaknya memberontak terhadap kebusukan-kebusukan dalam birokrasi yang selama ini dianggap lasim. Lalu jika mahasiswa acuh dan tidak peduli dengan lingkungan, maka harapan seperti apa yang pantas disematkan pada pundak mahasiswa?

Kita sebagai mahasiswa seharusnya menumbuhkan jiwa kepedulian social yang peduli terhadap masyrakat karena kita adalah bagian dari mereka. Kepedulian tersebut tidak hanya diwujudkan dengan demo atau turun kejalan saja. Melainkan dari pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, diskusi-diskusi, atau memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat dan bangsa kita dengan cara memberikan sumbangsih secara nyata.

Peran mahasiswa sebagai Iron Stock :


Mahasiswa dapat menjadi Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya. Intinya mahasiswa itu merupakan aset, cadangan, harapan bangsa untuk masa depan. Tak dapat dipungkiri bahwa seluruh organisasi yang ada akan bersifat mengalir, yaitu ditandai dengan pergantian kekuasaan dari golongan tua ke golongan muda, oleh karena itu kaderisasi harus dilakukan terus-menerus. Dunia kampus dan kemahasiswaannya merupakan momentum kaderisasi yang sangat sayang bila tidak dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki kesempatan.

Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi, dari zaman nabi, kolonialisme, hingga reformasi, pemudalah yang menjadi garda depan perubah kondisi bangsa.

Lantas sekarang apa yang kita bisa lakukan dalam memenuhi peran Iron Stock tersebut ? Jawabannya tak lain adalah dengan memperkaya diri kita dengan berbagai pengetahuan baik itu dari segi keprofesian maupun kemasyarakatan, dan tak lupa untuk mempelajari berbagai kesalahan yang pernah terjadi di generasi-generasi sebelumnya.

Para Pemimpin republic ini hanya berhasil membangun kekesalan rakyatnya dan menanam bibit pesimisme. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan, dan akhlak mulia untuk menjadi calon pemimpin siap pakai. Intinya mahasiswa itu merupakan asset, cadangan, dan harapan bangsa untuk masa depan.

Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi, mahasiswa telah berhasil melumpuhkan resim orde baru dan membawa Indonesia ke dalam suatu era yang saat ini sedang bergulir, yakni era reformasi.

Bukan tidak mungkin sosok pemimpin dan negarawan yang selama ini didambakan, akan lahir dari kampus. Cuma sistem demokrasi Indonesia saat ini lebih banyak menciptakan elit yang ingin tampil dan membanggakan diri. Mereka mendapatkan tempat karena politick uang, sehingga memunculkan para politisi instant. 
Lantas sekarang apa yang bisa kita lakukan dalam memenuhi peran iron stock tersebut? Mahasiswa tidak cukup jika hanya sebagai akademisi intelektual yg hanya duduk mendengarkan dosen dalam ruangan perkuliahan. Kita harus memperkaya diri kita dengan pengetahuan baik itu dari segi keprofesian maupun kemasyarakatan.

Mahasiswa sebagai iron stock berarti mahasiswa seoarang calon pemimpin bangsa masa depan yang akan menggantikan generasi yang telah ada, sehingga tidak cukup seorang mahasiswa hanya belajar study saja namun penagalaman lepemimpinan juga harus dimiliki sehingga ketika lulus nanti seorang mahasiswa akan memiliki kemampuan memposisikan diri di dalam masyarakat.

sekian peran-peran mahasiswa terhadapa bangsanya, menurut saya Mahasiswa harus memiliki peran sebagaimana yang saya disebutkan di atas tangan bangsa kita kemajuan negara kita bukan ditangan presiden saat ini bukan ditangan para menteri bukan ditangan para anggota dewan, namun ditangan kita para mahasiswa pemuda generasi penerus bangsa yang harus memiliki intelektual tinggi juga harus memiliki aklak yang karimah akhlak yang baik.

pesan saya buat teman-teman yang sekarang masih duduk di bangkau SMA sederajat khususnya kelas XII, Sebentar lagi kalia akan dihadapkan dengan pilihan yang berat, sebenarnya pra ujian dan paska ujian lebih sulit setelah paska ujian, sebelum ujian kalian hanya memiliki dua pilihan lulus (rajin belajar) atau tidak lulus (malas belajar), namun selah ujian kalian akan dihadapkan dengan pilihan yang sulit yaitu Kuliah, Kerja atau diam saja.bagi temen-temen yang beruntung untuk kuliah kalian harus tahu bahwa "kuliah tidak seindah seperti di sinetron''.

Salam Mahasiswa dari Saya Irvan Nur Fauzan (Mahasiswa UNISNU Jepara)

Posting Komentar

  1. Very well written article. It will be helpful to anybody who employess it, as well as myself. Keep doing what you are doing – i will definitely read more posts.
    Oracle Apps Functional Training From India

    BalasHapus
  2. sukses selalu mas ! salam mahasiswa

    BalasHapus
  3. Our QuickBooks Support telephone number channel- We comprehend the complexity and need using this accounting software in day to day life. You can’t watch out for more or less time for it to get a fix of each and every single QB error. Therefore we have designed a especially dedicated team of certified professionals at QuickBooks Support contact number that are able to understanding your issues and errors in minimum time as well as in probably the most convenient way. Dial our QuickBooks Support Number and avail the top solution you will need.

    BalasHapus
  4. QuickBooks Tech Support Number, it is a user-friendly accounting software; an easy task to maintain; assisting the company in keeping the records of financial transactions, and a whole lot more features.

    BalasHapus
  5. We're going to assure you as a result of the error-free service. QuickBook Support is internationally recognized. You have to started to used to understand this help.

    BalasHapus
  6. It handles and manages business , payroll , banking even your all transaction as well . Reflects on the efficiency graph of business. Its not only simple but also can be manage easily , accounting software which helps to manage finances smartly. The QuickBooks Support Phone Number is active round the clock for assistance.

    BalasHapus
  7. Our support, as covered by QuickBooks Enterprise Tech Experts at QuickBooks Enterprise Support Number USA, includes most of the functional and technical aspects related to the QuickBooks Enterprise. They include all QuickBooks errors encountered during the running of QuickBooks Enterprise and all sorts of issues faced during Installation, update, plus the backup of QB Enterprise.

    BalasHapus
  8. QuickBooks accounting software program is among the topmost, best and a lot of preferred business accounting software for small enterprises or entrepreneurs. It is regarded as the most effective accounting sofware for business management with many advanced services and features. And QuickBooks Payroll application is the essential useful accounting service that can perform all payroll functions for activating the smooth functioning of this business. But the majority of entrepreneurs in certain critical or troubling situation encounter various variety of error. If you're a small business entrepreneur or have any trouble managing your company or employes pays, or have any other Quickbooks or accounting related trouble, then immediately contact our Accounting professionals or Quickbooks customer service or Quickbooks payroll support team through our toll-free QuickBooks 24/7 Payroll Support Phone Number USA Here you will get the greatest support for all Quickbooks functional or technical issue.

    BalasHapus
  9. QuickBooks Desktop Payroll Support Phone Number
    helps one to resolve all your valuable technical and functional problems whilst looking after this well known extensive, premium and end-to-end business accounting and payroll management software. Our experts team at QuickBooks payroll support number is going to make you understand its advanced functions and assists someone to lift up your business growth.

    BalasHapus
  10. The deep real cause may very well be found out. Each of the clients are extremely pleased with us. We've got many businessmen who burn off our QuickBooks Support Phone Number service. It is simple to come and discover the perfect service for your requirements.

    BalasHapus
  11. Utilizing the introduction of modern tools and approaches to QuickBooks Support Number, you can test new techniques to carry out various business activities. Basically, it offers automated several tasks that were being done manually for ages.

    BalasHapus

  12. QuickBooks Payroll Tech Support Number 2019 will be the better account management product till now. The recent improvement that is built in this system regarding current user requirements and the solutions to overcome the limitation of previous QuickBooks versions.

    BalasHapus
  13. If You Have Planned For Your Needs And Haven’t Think Of Bookkeeping Services Then Chances Are You Need To Choose Right QuickBooks Enterprise Support Number Software With All The Right Package At Right Time.

    BalasHapus
  14. QuickBooks Support Phone Number make sure the solutions we give you would be best suited to your software, both for the present situation as well as for future. In spite of leveraging you with less time-consuming answers, we never compromise utilizing the quality of our services.

    BalasHapus
  15. QuickBooks Help & Support software enables you to feel confident on a regular basis by letting you've got the ball always in your court. You are able to choose as per the norms of your company the rules that suit you best.

    BalasHapus
  16. QuickBooks Customer Service Via QuickBooks Support Phone Number
    Our Team works under the supervision associated with the Intuit certified Proadvisor to give you help about each and everything regarding business needs

    BalasHapus
  17. QUICKBOOKS SUPPORT TELEPHONE NUMBER EASES YOUR STRUGGLE
    Our hard-working QuickBooks Support Phone Number team that contributes into the over all functioning of the business by fixing the errors that may pop up in QuickBooks Payroll saves you from getting into any issue further.

    BalasHapus
  18. The reason us different is quality of one's services inside the given time interval. The locus of your services may be based upon delivering services in shortest span of that time period, without compromising aided by the quality of your services. Our support team is engaged in pre-research to create themselves prepared in advance for the possible errors of QuickBooks Tech Support Phone Number This practice helps them produce you the specified wind up in the given time window. We are there to assist you 24*7 as we try not to disassociate ourselves together with your troubles even through the wee hours.

    BalasHapus
  19. Our QuickBooks Tech Support Number team is always prepared beforehand because of the most suitable solutions which can be of good help and less time intensive. Their pre-preparedness helps them extend their hundred percent support to all or any the entrepreneurs as well as individual users of QuickBooks.

    BalasHapus
  20. Every single personnel of our QuickBooks Support Phone Number team team has gone and goes through various workout sessions especially provided by our QuickBooks ProAdvisor.

    BalasHapus
  21. Quickbooks online payroll support number provides 24/7 make it possible to our customer. Only you must do is make an individual call at our toll-free QuickBooks Technical Support Number . You could get resolve all of the major issues include installations problem, data access issue, printing related issue, software setup, server not responding error etc with our QuickBooks payroll support team.

    BalasHapus
  22. Hope now you recognize that just how to interact with QuickBooks Enterprise Customer Service. We've been independent alternative party support company for intuit QuickBooks, we don't have just about any link with direct QuickBooks, the employment of name Images and logos on website simply for reference purposes only.

    BalasHapus
  23. Since it is accounting software, every so often you have a query and will seek assistance. This is why why QuickBooks has opened toll free QuickBooks Support Phone Number. For telephone assistance just call.

    BalasHapus
  24. Seek out QuickBooks Support Phone Number for 24*7 assistance QuickBooks Premier really is easy to make use of but errors may usually pop up during the time of installation, during the time of taking backup, while upgrading your software to your latest version etc. The support team at QuickBooks Support contact number is trained by well experienced experts that are making our customer care executives quite robust and resilient. It surely works twenty-four hours every single day with only one element of mind as an example. to repair the issues faced by our customers in less time without compromising along with the quality of services.

    BalasHapus
  25. With exceptional features, QuickBooks Payroll Support helps most of the kinds of businesses with generating accounting reports, entries for every single sale, transactions pertaining to banking, etc., with a lot of ease. And along side support for QuickBooks, it really is much simpler to undertake all of the tools of QuickBooks in a hassle-free manner. Below is a listing of several QuickBooks errors that one may meet with while you are deploying it. Have a glimpse at it quickly. Thus, users may have to face a range of issues and error messages when using the software; when you feel something went wrong along with your accounting software and may not discover a way out, you could get tech support team from our experts’ team, working day and night to correct any issues with respect to QuickBooks Tech Support.

    BalasHapus
  26. Our clients come back to us many times. We keep all of the data safe plus in secrecy. We're going to never share it with other people. Thus, it is possible to count on us in terms of nearly every data. we have a method of deleting the ability which you have put immediately from our storage. Thus, there isn't any possibility of data getting violated. You ought to get to us in terms of a 247 Tech Support Number of software issues. The satisfaction may be top class with us. You can easily contact us in a number of ways. It is possible to travel to our website today. It's time to get the best help.

    BalasHapus
  27. Works Standalone: QuickBooks Payroll works standalone. It clearly implies that it will not require QuickBooks software along with QuickBooks Payroll Technical Support Number . Qualified advice: The users could possibly get free support from QuickBooks experts.

    BalasHapus
  28. QuickBooks Pro Support contact number is ready beforehand to give you customer-friendly assistance in the event that you talk with an issue using QuickBooks Technical Support Number Pro. Many of us is skilled, talented, knowledgeable and spontaneous. Without taking most of your time, all of us gets you rid of all of the unavoidable errors of the software.

    BalasHapus
  29. The difference that we make amongst QuickBooks Support competitors is that our services can be obtained 24*7. But we now have made certain that our services are there not only for namesake.

    BalasHapus

 
Top