0

 Pengertian Sejarah dan Manfaat Mempelajari Sejarah

pengertian sejarah

JAS MERAH. “Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah”. Itu adalah pesan dari founding father kita sobat, yaitu bapak Soekarno. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Namun, apakah sobat tahu ? apa itu sejarah. Dalam artikel ini saya akan berbagi ilmu tentang sejarah peradaban Islam sobat. Namun sebelumnya kita ketahui dulu apa itu Sejarah. 

PENGERTIAN SEJARAH

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab “Syajaratun”, artinya pohon. Apabila digambarkan sejarah hampir sama dengan pohon, memiliki cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbang.

Sejarah dalam dunia barat disebut histoire (Prancis), historie (Belanda) dan history (Inggris).
Menurut devinisi yang umum, kata history berarti “masa lampau umat manusia”. Sejarawan muslim Ibnu Khaldun mendevinisikan sejarah adalah catatan masyarakat umat manusia atau peradaban dunia; tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat, seperti keliaran, keramahan dan solidaritas golongan. 

Sejarah menurut pendapat Sidi Gazalba, sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial, yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu itu.

Ilmu Bantu Sejarah

Sejarah peradaban merupakan uraian sistematis dari segala sesuatu yang telah dipikirkan dan dikerjakan dalam peradaban pada waktu yang telah lampau. Sejarah peradaban menguraikan perkembangan peradaban dari dahulu hingga sekarang. Namun diperlukan pemilihan sejarah, sehingga perlu mempertahankan dan mengembangkan elemen-elemen positif, sedangkan elemen negatif dt apat menjadi sebuah pengalaman dalam bidang peradaban jangan sampai terulang. Diantara ilmu-ilmu yang dapat membantu kajian ilmu sejarah seperti: Geografi, Sosiologi, Arkeologi,  dan Ilmu Sejarah.

Manfaat Mempelajari Sejarah

Dengan mengkaji sejarah, dapat diperoleh informasi tentang aktifitas peradaban dari dulu hingga sekarang, mulai dari pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran. Dengan sejarah kita dapat belajar menyelesaikan Problematika peradaban dunia di masa kini.

semoga bermanfaat sobat. jangan lupa baca artikel lainnya.

Posting Komentar

 
Top