0

Apakah Bra dapat memicu kangker ?

 apakah benar bra memicu kangker ?

Bagi wanita pengunaan bra menjadi kebutuhan setiap harinya. Bra dapat membuat wanita tampil percaya diri. Sehingga bra akan membuat payudara anda tetap terjaga bentuk dan keindahannya. Pada dasarnya bra dirancang untuk mengubah bentuk payudara, mereka menerapkan tekanan konstan pada jaringan payudara lunak dan hasil dalam mengompresi dan konstriksi pembuluh limfatik. 

Lalu Apakah Benar Bra dapat memicu kangker ? lalu apa perempuan harus melepas bra nya ?

Bra dapat mencegah drainase getah bening  (jalannya peredaran getah bening) dan sirkulasi. Kedua limfatik dan sistem peredaran darah memberikan nutrisi penting dan memungkinkan untuk penghapusan racun. Kurangnya nutrisi atau kelebihan racun dapat mengarah pada perkembangan kanker. Peran sistem limfatik adalah untuk membuang racun dan kotoran dari jaringan. Sebuah penurunan aliran sistem limfatik dapat menyebabkan toxin dari jaringan payudara. Selain itu, mengenakan bra juga meningkatkan hormon prolaktin. Peningkatan hasil prolaktin dalam penurunan payudara sirkulasi jaringan. Kurangnya sirkulasi mencegah tubuh dari mengeluarkan cairan terjebak dalam kelenjar getah bening dan kelenjar. Adapula data yang menunjukkan bahwa tekanan pakaian yang lebih tinggi yang diberikan oleh bra berdampak negatif  pada  aktivitas sistem saraf otonom.
Untuk anda yang mengenakan bra selama 24 jam sehari akan memiliki 3-4 kemungkinan terkena kanker payudara. Adapun untuk anda yang  jarang atau tidak pernah mengenakan bra hampir tidak pernah menderita kanker payudara. 

Kanker payudara termasuk jenis kanker tertinggi yang menyerang perempuan di Indonesia. Data dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2010 menunjukkan kasus kanker payudara yang menimpa perempuan Indonesia mencapai 12.014 kasus.

Bahkan dari sumber yang dihimpun oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), jumlah penderita kanker payudara di negara berkembang sebanyak 691.300 dengan angka kematian sebanyak 30 persen. Padahal, sebenarnya sebanyak 98 persen penderita kanker payudara bisa selamat jika dilakukan deteksi dini. 

hal diatas tentunya menjadi dilema yang sangat besar bagi perempuan, namun saya akan memberikan tips bagaimana cara menghindari bahaya bra, caranya adalah sebagai berikut:

1. Tidur tanpa menggunakan bra
Disarankan untuk anda yang akan beristirahat di malam hari (tidur) untuk tidak menggunakan bra. Apalagi tertidur disaat anda menggunakan bra yang ketat dikhawatirkan akan menyebabkan terganggunya drainase(terganggunya) limfatik dari lengan dan dada yang akan memicu timbulnya kanker payudara.

2. Ukuran yang sesuai
Penggunaan bra yang tidak sesuai dengan ukuran akan mengakibatkan pegal-pegal dan sakit di bagian belakang tubuh. Bahkan masalah dengan punggung dan adanya yang mengatakan akan memicu kanker payudara. Penelitian menemukan bahwa mengguanakan bra yang tidak sesuai dengan payudara akan mengakibatkan terkena resiko kanker payudara. Bra yang sempit akan membuat aliran getah bening di area payudara terhambat. Padahal getih bening memiliki fungsi yang sangat baik yaitu untuk membuang racun-racun yang tidak dibutuhkan sehingga meminimalisir kanker payudara.

3. Bra yang sesuai dengan kegiatan
Tidak memungkinkan anda untuk tidak menggunakan bra, cara yang lebih baik adalah menyesuaikan dengann kegiatan sehari-hari anda. Gunakan bra yang sesuai dengan kegiatan anda sehari-hari . Selain berfungsi untuk menjaga penampilan anda. Bra juga mempunyai fungsi yang dapat disesuaikan dengan kegiatan anda, jika anda sedang hamil maka anda bisa menggunaka maternity bra. Bra yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari misalnya full support bra.

Sudah disinggung di atas bahwa 98 persen penderita kanker payudara bisa selamat jika dilakukan deteksi dini.

Nah, cara untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Anda bisa melakukannya di rumah secara rutin demi mengontrol kesehatan payudara Anda.

1. Berdiri tegak menghadap cermin. Lihat apakah ada perubahan bentuk atau permukaan kulit, pembengkakan atau perubahan puting. Tapi tak perlu khawatir jika bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan, lalu cermati payudara. Kemudian dorong siku ke belakang dan cermati bentuk dan ukuran payudara. Saat melakukan gerakan ini otot dada Anda akan berkontraksi dengan sendirinya.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung dan dorong kedua siku ke depan lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Gunakan ujung jari tangan untuk meraba dan menekan area payudara dan cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan memutar membentuk lingkaran kecil mulai dari atas ke bawah.

Kemudian buatlah gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Lakukan gerakan ini pada kedua payudara Anda.

5. Cubitlah kedua puting Anda. Cermati, apakah puting mengeluarkan cairan atau tidak. Jika ditemukan cairan segera konsultasikan ke dokter.

6. Pada posisi telentang, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan kiri ke atas dan lakukan gerakan meraba dengan menggunakan satu jari secara melingkar pada seluruh bagian dada sampai ketiak.

Nah, itu sobat-sobat ladies artikel Bra pemicu kangker semoga bermanfaat dan dapat memberikan ilmu yang manfaat bagi sahabat-sahabat perempuan.

Posting Komentar

 
Top